From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

May 9, 2010

Dilema ART

Percaya ga kalo jaman sekarang ini nyari ART yang bisa dipercaya n setia sama susahnya kaya nyari Presiden yang pinter n sayang rakyatnya?? Bener deh, ini persis banget!!! Susah nya, minta ampun....
Ceritanya begini. Di rumah orang tua saya itu dulu ada 3 ART, 1 laki2 dan 2 perempuan. Mereka itu udah ikut lama banget (sejak saya masih kecil), jadi bisa dibilang mereka itu udah bisa diandalkan dan terpercaya (*jujur, pastinya*). Nah, waktu anak2nya udah pada besar2, udah pada berkeluarga dan udah pada hidup misah, akhirnya ART itu "dibagi-bagiin" deh. Pemikirannya yah karena di rumah orang tua udah ga butuh lagi banyak ART..lha wong ortu saya tinggal berdua doang di rumah. Ceritanya 1 ART perempuan ikut kakak saya yang di Cibubur. Kenapa yang perempuan yang diboyong kesana cos simple karena kakak ipar saya kan ibu rumah tangga, jadi butuhnya ya temen ngobrol sesama perempuan. Ga enak toh kalo kakak ipar saya berdua sama ART laki2, sementara suaminya kerja (*wahaha...sulit dibayangkan kalo begini*). Nah waktu saya merit dan mau tinggal misah, saya "dibekali" dengan ART yang laki2. Kenapa laki2, ya karena kalo saya beda kasusnya. Kalo saya kan emang dua2 nya bekerja, so yang dibutuhin emang ART yang bisa dipercaya buat jaga rumah n beres2 rumah. Sementara mba ART yang satu lagi tetep di rumah ortu...cos bagaimanapun juga kan mama butuh bantuan buat masak utk bapak dan nyuci baju.
Singkat kata, dari hasil "pembagian" itu, sekarang semua ART-ART itu udah ga ada yang sama, kecuali ART laki2 yang di rumah saya. Mba ART yang dirumah kakak saya itu udah 3 kali ganti, sementara yang ditempat mama udah ganti beberapa kali juga!!! Bingung...kenapa dulu mereka pada betah, eh malah sekarang mereka jadi ga betah ya?? Padahal kalo dipikir2, fasilitas yang mereka dapetin juga sama...malah bisa dibilang lebih baik. Cos selain mereka dapet bayaran dari "tuan" nya masing2, kami juga sering ngasih (sekedarnya) ke ART2 yang lain. Ini semata2 karena kami udah kenal baik dari lama...merekalah yang dulu ngasuh kami. Yah, bisa dibilang subsidi silang lah. Saya kadang2 memberi ke ART mama, mama ngasih ke ART saya, dan begitu juga sebaliknya sama ART kakak. Pokoknya kalo dibidang materi siy kayanya mereka ga kekurangan lah. Mungkin aja lho tabungan mereka itu per bulannya lebih banyak dari tabungan kita-kita...lha wong gaji mereka utuh, sementara gaji kita kemana2 ga jelas, hahaha...(*curhat*). Dilihat dari kerjaan juga ga banyak2 amat. ART saya malah cuman kerja beresin rumah n nyuci di pagi hari (itupun 2 atau 3 hari sekali), trus sorenya masak buat makan malem. Sisanya dia bebas mau ngapain aja. Begitu juga ART mama, sama! Kalo ART kakak siy mungkin emang agak lebih sibuk yah, secara mereka punya baby...tapi kan ART nya juga ga cuman 1. Mereka berdua...so, kayanya kerjaannya juga ga berat. Tapi kenapa yah pada ga betah???
Terakhir kali, ART yang kerja ditempat ortu itu dapet dari Bulek Ir. Dia itu dulu pernah kerja di mertua nya Bulek. Nah, menurut rekomendasi Bulek dia itu rajin, bisa masak n jujur. Nah cocok deh kriteria itu sama keinginan ortu. Langsung lah ortu make mba ART itu. Dan bener aja, udah pinter deh...jujur pula! Pokoknya udah cocok banget! Cuman emang dia dulu waktu mau kerja udah bilang bakal minta izin setahun 2 kali buat pulang kampung nengokin anaknya. Jadi kemaren itu ceritanya dia pamit (*buat yang pertama kali*) untuk nengokin anaknya. Ortu saya langsung ngizinin cos emang mereka kan udah janji di awal masa kerja dulu. Tanpa curiga apa2 mama-bapak ngizinin...malah bapak sempet ngasih rejeki sekedarnya buat uang sekolah anaknya (anaknya kan baru kenaikan kelas n butuh uang pangkal). Sementara si mba ART itu pulang kampung, ART saya lah yang jadi double agent, bolak balik rumah saya - rumah ortu buat ngerjain pekerjaan seabreg! Hehehe..maapkan kami:-(
Janjianya siy cuman pulang kampung seminggu tapi sampe seminggu lewat 2 hari mba ART ortu itu belum juga ada kabarnya. Mulai deh di sms n di telpon sama mama, dan (*seperti yang bisa diduga*), mba ART itu malah pamitan lewat sms, bilang ga akan balik lagi ke Jakarta. *Sigh* kesel juga pastinya mama-bapak....Bukan apa2, kalo mau pamitan mbok yao bilang baik2 waktu mau pulang, kan masih agak lebih sopan. Udah gitu, kita kan bisa membuat kompromi2 tertentu sebelum si mba pulang. Kenapa harus ada kompromi2 tertentu?? Ya karena mengingat sekarang kan nanggung kalo mau nyari ART lagi. Pasti ga ada yg mau. Coba aja bayangkan, sebentar lagi kan puasa n lebaran. So mana ada yang mau jadi ART menjelang lebaran?? Kalaupun ada pasti ada modusnya (*heheh, curiga an bawaannya*). Jangan2 ntar udah diperlakukan baik2, malah cuman dimanfaatin buat cari THR doang...Lebaran pulang kampung n ga balik lagi..hahaha...klise banget!
*gosh*, jadi belum tau niy gimana rencana mama-bapak. Untuk sementara siy ya itu, ART saya yang bolak balik...cucian n masakan juga dikerjain sekalian di rumah ortu, baru didistribusikan ke rumah saya. Masak sekali aja, ntar dibagi 2. Belanja juga gitu... Paling ntar saya titip uang belanja aja ke mama. Cuman yang agak repot ya cucian pakaian dalem niy...Secara selama ini pakaian dalem saya dicuci sama mba ART mama (*ya ga mungkin dicuci sama ART saya dunk...jijay juga dia bisa2*). Nah sekarang jadinya saya cuci sendiri deh tuh pakaian dalem. Sambil mandi di kamar mandi sambil nginem, wkwkwkwk.....
Nah, itu dia ibu2. Qt harus baik2 deh sama ART. Udah dibaikin aja kadang masih ga betahan, apalagi kalo sering digalakin. Hohoho....kalo dipikir2 bergaining power kita emang udah ga ada lagi deh^_^. Kadang, kalo si ART mau libur or mau pergi kemana gitu, ya kita aja deh yg ngalah....bolehin aja daripada ga betah, hehehe. Khusus untuk ART yang tinggal dirumah saya ini, saya salut n menghargai banget deh! Dia udah ikut kami itu sejak saya masih SMP. Udah 10 tahun lebih...dan dia tetep setia. Makanya aku udah berniat buat naikin gaji dia lagi deh....sebagai bentuk penghargaan karena tetep betah tinggal sama kita walopun temen2 seangkatannya udah pada cabut, wkwkwk...(*temen seangkatan?! Udah kaya kuliah aja*).
ART...oh ART...ternyata hidup ini berat tanpamu (*lebay mampus*). Tapi iya kan?? Ibu2 yang udah pada tinggal sendiri (misah dari ortu) pasti ngerasain hal yang sama. Tenaga kita toh udah terkuras di kantor...jadi emang perlu bala bantuan buat ngerjain segala sesuatu di rumah. Kembali lagi ternyata...proses menjadi istri yang baik dan ibu yang baik harus dijalanin. Biar capek di kantor tapi urusan domestik tetep harus beres. Mau merengek lagi sama ortu??? Hohooho...jangan yah ibu2 ^__^ SEMANGAT!!!! (*mohon pamit, saya mau nyuci dulu*)

3 comments:

  1. ...Ibu2 yang udah pada tinggal sendiri (misah dari ortu) pasti ngerasain hal yang sama. Tenaga kita toh udah terkuras di kantor...jadi emang perlu bala bantuan buat ngerjain segala sesuatu di rumah.

    SETUJUUUU!!!!

    makanya skrg gw bersyukur bgd punya ART yg demikian bersihnya.

    senneg bgd pulang kantor, capek2, liat rumah rapi, ga ada baju2 kotor, mau makan tinggal bilang.
    capeknya ilang deh.

    makanya gw maklumin aja no dia bw anak, malah seru kok.

    so far blm brani ambil dari yayasan, lbh milih ambil yg udah kenal sama ART sebelumnya.

    temennya ART gw sih byk yg nyari kerjaan no, tp maunya pada abis lebaran.
    hahaha....ga membantu ya...

    ReplyDelete
  2. ada ART yg blom punya anak tapi mau ngurus anak dikit2 ga, ty? hehehe
    boleh nih nti titip2 ART ama lo.... :D

    ReplyDelete
  3. @ Tya: Iya niy...rontok banget yah badan kalo nda ada ART, hiks. Sama bu..gw n suami or ortu juga ga berani ngambil di yayasan, tapi ya itu..jadinya kami pasrah dulu skrg, nunggu dicariin sama sodara, heheh. Info2 dunk kalo ada yang (beneran niat) mau kerja...*HULP* (merengek sambil memohon dot com)

    @ Monik: Hahaha...qt kayanya bakal rebutan pasokan ART dari Tya niy:-p Hayoooo..suit aja gimana?? :-p

    ReplyDelete