From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

October 3, 2010

Pra ILS @ Sam Marie Clinic

Yeaaahhh..masih aja lanjut usaha kami buat mendatangkan buung bangau pembawa rejeki itu dalam keluarga kami:-) Setelah sekitar 2 bulan berhenti buat "istirahat" dan memfokuskan diri di Bulan Ramadhan dan Lebaran, skrg waktunya buat lanjutttt!!! Kebetulan bulan Oktober ini obat saya pas abis dan emang disuruh kontrol (ambil darah) lg buat ngecek virus rubella yg dulu ada di saya masih ada atau nda (setelah mengkonsumsi obat).
Saya ambil darah lab, sekaligus kami konsultasi ke dr. Sundari soal tahap ILS. ILS itu penyuntikan sel darah putih suami ke dalam darah istri. Tujuannya buat "memperkenalkan" darah suami kepada darah istri. Ini buat menetralisir antibody saya cos sebelumnya saya kan didiagnosa punya kelebihan antibody! Mending kl yg lebih itu antibody buat penyakit pilek gitu yah..lha ini, antibody yg kelebihan ini adalah antibody-anti spermatozoa. Simpelnya, darah saya itu menganggap sperma suami sbg benda asing atau virus, jd lagsung deh dilawan sama antibody. Akibatnya ya jarang banget sperma suami yg "lolos" dari hadangan si antibody! Hahaha, lucu yah ngebayanginnya...kaya terjadi peperangan di dalam darah:-p
Ow yah, hasil konsultasi sama dr Sundari kurang lebih kaya gini niy:
  • Sblm suami diambil darahnya buat disaring sel darah putihnya, suami hrs menjalankan imunisasi. Tujuannya biar diketahui ada penyakit atau nda pada si suami. Kl dlm darah suaminya ada penyakit, maka ga boleh lgsung disuntikkan ke istri. Suami harus diimunisasi dulu. Nah, kemaren mas Anto udah ambil darah buat ngecek penyakit itu. Hasilnya nanti diambil hari Selasa atau Rabu. Pengambilan hasil lab Mas Anto ini bisa sekalian sama pengambilan hasil lab tes virus rubella saya. Dan kl hasil lab saya dah keluar, saya disuruh kontrol lagi ke Prof Jacoeb.
  • Habis ngambil hasil pemeriksaan suami, Sabtu minggu dpn saya hrs dateng lagi ke dr Sundari buat ngebaca hasilnya. Kl semua OK, Mas Anto diambil darahnya lagi buat disarikan sel darah putihnya, Ini kurang lbh makan waktu 1.5 jam, dan bis gitu bisa disuntikkan dalam tubuh saya.
  • Penyuntikan ini dilakukan sebanyak 3 kali dengan jeda waktu 3 minggu. Artinya, saya akan mengulang step sebelumnya itu sebanyak 3 kali atau lebih, pokonya sampe antibody-anti spermatozoa saya jumlahnya normal! *hosh* kayanya panjang bgt yah...sampe2 saya ga mau mikir ah, jalanin aja:-)
  • Nah, selama lg terapi itu saya dilarang makan sea food. Alasannya karena antibody saya kan lagi dinetralisir alias dilemahkan. Jadi ga boleh ada faktor alergi yg masuk dalam tubuh, termasuk si sea food itu. Kalo kemasukan, nanti antobody nya menghasilkan lagi n aktif lagi...
  • Selain pantangan makan sea food (buat saya), ternyata kami jg punya larangan dan himbauan. Supaya ga ada benda2 yang dianggap "asing" selama terapi dilakukan, maka selama masa terapi itu, kalau mau "berhubungan" di luar masa subur saya, Mas Anto harus pake kondom (biar ga ada sperma yg masuk). Kl di masa subur katanya diperbolehkan cos disaat itu satu2 nya harapan utk terjadinya pembuahan. Jadi bolehlah qt spekulasi, sapa tau rejeki..terjadi pembuahan, hahaha...

Begitu...panjang kan.. Makanya saya tulis aja di blog, sekalian buat ngingetin saya ttg step-stepnya. Abisnya kl ga bisa lupa euy, soalnya ga dicatet kemaren:-p

Buat konsultasi dan suntik-suntikan kemaren

biaya yang kami keluarkan adalah Rp 1.560.000. Nda murah memang, tapi ya sudahlah..mungkin memang harga si burung bangau kami mahal:-( Kebayang, kami setidaknya harus mengeluarkan biaya serupa sebanyak 3 kali! Bisa jadi lebih..soalnya pemeriksaan perintilannya kan banyak..pra imunisasi (setiap sebelum penyuntikan sel darah putih) lah, pengambilan sel darah putihnya lah, belum lagi (amit-amit) kl ternyata ditemukan penyakit di darah Mas Anto..kan berarti harus diobatin dulu:-( Pokoknya panjang deh! Allah ngasih "hal" ini kepada kami pastinya karna Allah tau kami kuat kan?! So, kami jalanin aja... Ikhlas koq:-) Cuman butuh reminder soal jadwal2 pemeriksaan itu aja siy..bisnya waktunya ga boleh meleset, so harus bener2 pasang alert di kepala:-p

Wish us luck!! Mohon doa dari semuanya yah^_^

8 comments:

  1. Wah, baru tahu kalau bisa ada kasus sperma dianggap 'alien' sama darah kita. Harus jadi concern juga kali ya buat para pasutri yang lagi berusaha pembuahan juga.

    Dan kayaknya ribet yah proses yang harus dirimu jalankan sama suami, tapi hidup kan memang perjuangan, toh. Semangat ya, Retno :)

    ReplyDelete
  2. @ Mba Diar: hehe, iya aq jg baru tau ada "peperangan' macam gitu:-) he-eh deh, mungkin ini hal yg perlu dpt concern jg dari para calon pasutri..(secara jaman dulu aq nda aware sama yang begituan)... Makasiy buat supportnya, didoain terus yah Mba...

    ReplyDelete
  3. Sabar ya Mba. btw lulusan 8 juga ya? angkatan berapa? aku lulus 2004. hehe

    btw saudara aku juga ada yg kasusnya sama. antibodinya malah nyerang sperma. dia sampai bolak-balik Bengkulu Jakarta selama 1 tahun dan alhamdulillah bulan puasa kemarin anaknya lahir dan cantik. emang semua indah pada waktunya yaa..

    semoga setelah selesai semua pengobatan bisa cepet dikasih keturunan yang saleh dan salehah *padahal sendirinya juga belum berhasil. haha*

    ReplyDelete
  4. @ Shinta: waaah...toss qt! Sama, aq jg anak 8, tp agak sedikit lbh uzur, hahah...aq lulus 2001. Bw, matasiy doanya..emang lg harus sabar nunggu sampai waktunya^_^

    ReplyDelete
  5. Hi Retno, salam kenal! Senasib n sama persisi nih proses yg harus kita jalanin.. :)

    Sabtu kemarin aku n suami baru terapi PLI yang pertama, dan sama juga di SamMarie sama dr.Indra G Mansur.

    Di blog-mu jauh lebih lengkap keterangannya :)

    Sama2 berjuang yah.. semoga setelah 3x terapi langsung tokcer! aminnn...

    Salam perjuangan! :))

    ReplyDelete
  6. Halo Retno, mampir nih selagi blogwalking :). Salam kenal, aku ada di tahap yang kurang lebih sama dengan kamu. Harus sedia stok sabar yang banyak, tapi kita pasti bisa kok, melalui semua ini :). Rita

    ReplyDelete
  7. @ Mba Pitta n Mba Rita: hihih, senangnya bertemu temen seperjuangan!!! Mari saling mendukiung yah, Mba...semoga dikasi kesabaran, kekuatan dan keberhasilan ^_^. *nda ada yang sia-sia di dunia*

    ReplyDelete
  8. Kita saling mendoakan... Aku link blog-nya ya :).

    ReplyDelete