From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

January 9, 2011

Fixie Bike, si Mainan Baru

Halah...ga tau niy demam apaan yg lagi menyerang Mas Anto. Demam anak muda Jakarta, anak muda masa kini...heuheu... Tiap liat orang naik sepeda di jalanan selalu bilang mau ikutan bike to work. Dengan sangat pesimis dan apatis, langsung aja ga saya bolehin. Pake saya ejekin juga tuh, ya ga bakal kuat di tanjakan lah, ya bakal nyampe kantor hari besoknya lah, de el el pokoknya! Saya pribadi siy udah pasti ga ngebolehin buat Mas Anto ke kantor pake sepeda. Tanpa mau mendiskreditkan komunitas Bike to Work yg skrg lagi marak yah...tp karena secara prbadi saya ga ngerasa cukup safe kl Mas Anto naik sepeda ke kantor, apalagi melihat jalanan Jakarta yg udah ga bersahabat buat siapapun (apalagi buat biker).
Ditentang buat Bike to Work, Mas Anto masih usahaaaa aja buat bisa punya sepeda, udah gitu maunya sepeda gaul pula (fixie bike yang warna-warni)!!! "Mau punya Fixie Bike, kaya Desta", katanya. Busyet deh..tau aja Desta punya fixie bike. "Sok ngartis kamu, Mas", sambil geleng2 kepala saya ngejek Mas Anto lagi. Masih tetep usaha nolak, saya malah bales nimpalin "Mau punya mobil Ferarri dunk, kaya Hotman Paris". Wkwkwkw, bukan apa..maksud saya siy cuman nyindir aja, biar ga selalu pingin apa yg org punya...apalagi ini, artis bowwkk...masa semua benda "gaul" yang dia punya musti kita ikutin. Apalagi saya tau bgt "gaya" Mas Anto yg angin2 an, bisa2 udah punya sepeda, seminggu kemudian tuh sepeda udah tergeletak ga keurus di garasi! Itu yang terjadi sama perlengkapan basket yg dulu keukeuh dia beli :-(
Udah niy ya...ceritanya qt blm sepakat buat punya sepeda fixie. Eeehh, tiba2 aja Mas Anto curang! Pas ke rumah Ibu Cimanggis, Mas Anto sama Adek dengan ngumpet2 (awalnya ga bilang2 saya sampe ketawan!), dia naikin sepeda jaman jadul yg ada di rmh Cimanggis ke dalem mobil. Heboh sendiri lah pokoknya..karena (akhirnya) saya pesen biar jgn mentok2 di body mobil, takut gores. Gotong royong deh tuh kakak beradik. Saya cuman bisa diem, ga bisa protes... Mereka udah bersatu padu siy, curaaaang. *berkacak pinggang*. Ya sudahlah...terpaksa nurut.
Saya udah pasrah. Termasuk waktu pulangnya Mas Anto langsung ngajak saya mampir di bengkel sepeda deket rumah (di Jalan Siaga). Hoho, ternyata saking niatnya, Mas ku ini udah survey sebelumnya soal harga buat bikin fixie bike. Tanya sana sini, ternyata buat fixie bike itu bisa disesuain sama budget, minimal sekitar 1 juta lah... Denger cerita itu, langsung si Menteri Keuangan ini hanya men-approve anggaran sebesar harga minimal, 1 juta..tettt!!! Kalo lebih, silakan tanggung sendiri, ambil dana di luar dana "hura-hura" kami berdua. *muka galak pake melotot*. Jadi, selama krg lebih 1 jam, si sepeda "sekarat" bekas jaman SD itu naik di atas mobil dan segera dilarikan ke bengkel itu.
Sampe bengkelnya Mas Anto langsung bilang sama kokohnya mau buat fixie bike, dan nanya2 bagian mana aja dari sepeda "sekarat" itu yang masih bisa dipake biar lebih hemat ongkos buat si fixie nya. Setelah diliat2, ternya cuman si batangan sepeda dan pedal aja yang masih OK buat dipake lagi..selebihnya ya dipretelin trus dibuang. Uhuuuy...*bagooooss*. Udah mana saya sampe heran, koq ya tega2 nya n mau2nya si sepeda "sekarat" ini yg aslinya mountain bike yang punya gigi n rem tangan, diubah jadi fixie bike yang ga ada giginya dan (aslinya) ga pake rem. Bukannya malah lebih berat yah Mas kalo dipake?? udah mana rumah qt kan tanjakan, ntar malah ngosh-ngosh an?! *geleng2 kepala makin ga ngerti*. Ga pake rem?? Oh NO!!!! Masa kalo mau berhenti musti nabrakin pager??? GA! Pasangin rem... "tp kan fixie bike jelek kl pake rem tangan, Dek." Mas Anto masih usaha protes. "Ga boleh. Kl mau ga keliatan, ya pasang aja rem pedal. Pokoknya harus ada rem, daripada bahaya." Istri galak sedunia beraksi.
Perdebatan selesai. Sepakat yah, pake rem (titik). Si Kokoh nya mpe bingung kali yah liat qt masih berante,, hueheheh... "Udah Koh itungin harga semuanya, spareparts sama ongkos bikinnya." Yeee..ga sabar niy ceritanya ^_^. Setelah di rinci2, semuanya habis Rp. 1.133.000. Hmm..mpir sama kaya harga sepeda (biasa) yah. Ya gitu deh... Ow iya, itu blm termasuk ongkos nge-cat body sepedanya yah. Kebetulan bengkel si Kokoh ini ga bisa nge-cat, jadi di saranin ke bengkel motor deket situ juga. Di bengkel motor situ, ongkos nge-cat body sepeda pake cat yg bagus sekitar Rp 200 - 250 ribu. Kalo kami siy kena Rp 200 ribu aja (seperti biasa budget terendah!), karena catnya cuman 1 warna dan pilihannya warna putih biasa. Jadi sama si Kokoh, sepedanya di pretelin dulu, trus batang nya di bawa ke bengkel motor. Nge-cat di bengkel motor sebenernya kelar 3 hari, tp karna hari kerja qt ga bisa ambil, makanya di ambil pas hari Sabtu minggu depannya
Selesei ambil body yg udah di cat, langsung di bawa ke bengkel si Kokoh. di bengkel si Kokoh niy yg agak lama ceritanya..soalnya antri!! Rame euy antriannya, dan hampir semuanya orderannya buat fixie bike!!! Ckckk...beneran lg trend kali niy...pantesan aja suami saya ikut2 an. Saking empetnya tuh ya si Kokoh di teror Mas Anto (ya iyalah, saban pulang kantor, magrib2 masih sempet mampir ke bengkel liat progress si sepeda), akhirnya si Kokoh janji buat nyelesain dalam waktu 2 minggu. Dan Alhamdulillah, hari Sabtu kemaren si fixie udah jadi. Horeee, mainan baru Mas Anto udah bisa dibawa ke rumah. Sampe rumah langsung di lap in, pokoknya mobil aja kalah deh perhatiannya.

Inilah hasil penampkan akhir di fixie baru...

"Yaaah Mas, warnanya kurang gonjreng! Beli stiker warna merah buat bodynya biar tambah gonjreng". Wkwkwk..sang istri ini akhirnya ikutan komentar, akhirnya luluh juga dan rela punya sepeda gaul ini. Malah pengen dibuat semakin gaul. *dasar dodol*. Selamat punya mainan baru, Mas kuww...

7 comments:

  1. gw juga lagi mau bikin no, sejauh ini biaya sudah keluar 800 ribu rupiah. kalo-kalo ada garpu depan nganggur no, buat gw ya! masih kurang garpu depan, stang, stem sama rante.

    ReplyDelete
  2. btw, frame gw warna merah!! ;P

    ReplyDelete
  3. @ Kis: Hahah, keranjingan sepeda jg lo! Btw, benda2 yg lo sebutin nda ada yg kumengerti...*maapkan*, tp kayanya pasti ga ada sisa deh, secara kl ada sisa pasti udah dipake duluan buat si fixie:-p

    ReplyDelete
  4. ck ck ck...kreatif! Daripada beli baru yg selangit harganya mending kreasiin dr sepeda lama, mantap ;p

    ReplyDelete
  5. @ Retno : kayaknya kalo ban nya putih lebih lucu deh .... *kabuuuuur :D
    @ kisahkisruh : nyentuh Rp. 2juta aja udah dapet fixie yg keren tuh
    @ AstyNNS : hmmm...sebenernya itu udah seharga 1 sepeda baru dgn harga paling murah kalo liat2 di Hyperm*rt, Carrefo*r, dkk ...susah ngajuin proposal ke Menteri Keuangan :D

    ReplyDelete
  6. Info menarik. Boleh tanya lokasi tepat bengkelnya dimana? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. @ mas Rifki : berhubung istri saya sudah memberikan wewenang kepada saya untuk segera menjawab pertanyaan mas Rifky hehehe..
    Bengkelnya di Jl. Haji Samali, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (kebetulan deket rumah kami). Tapi kayaknya udah banyak koq bengkel sepeda yg bisa ngerakit fixie.

    Semoga membantu.
    cheers... :)

    ReplyDelete