From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

February 27, 2011

Akikah with DDLivestock

Pasti semuanya setuju kalo saya kasih judul postingan ini dgn "Late Akikah Ever". Abeess...what do u think if Akikah just held when someone reach his (almost) 30 Y' old!?! Soooo late, ha?? Yes, it did! Mas Anto niy kasusnya, wahahah.. *pegang perut guling2*. Tp ya syud lah, BETTER LATE THAN NEVER, kan? :-) Sebenernya bukan cuman Mas Anto yg telat motong si kambing ini. Saya jg. Saya jg baru di-akikah waktu umur 26, sblm nikah kemaren. Waktu saya protes sama mama-papa, mereka cm bilang "abis ga tau kl itu wajib!" Hahaha...lucu deh, langsung aja saya peluk mama, abis mukanya polos n ngerasa bersalah bgt. Karena baru "ngeh" kl itu wajib, alhasil mama-papa saya langsung meng-akikah saya dan Mas Uut pada saat yg bersamaan. Sementara Mas Yudi di akikah bersamaan sama acara akikahan anaknya a.k.a ponakan saya Lana (ini tambah kocak lagi, anak sama bapak akikahan bareng!).
Trus, dimana acara akikahan saya waktu itu?? Yang jelas ga dirumah lah yaoow..malu aja kl adain akikahan yg super telat itu dirmh. Hehe, sebenernya ga boleh malu jg kali yah, lha wong namanya dulu ortu saya ga tau kl itu wajib, jd ga dijalanin. Nah, skrg walaupun telat kan kami niat buat "menebus" kesalahan itu. Tp jujur, agak risih aja kl undang rame2 buat akikahan saya dan Mas Uut yang waktu itu umurnya jg pastinya dah lebih tua dari saya:-p Akhirnya si papa ikutan program akikah (yg waktu itu) diadain oleh salah satu unit usahanya Dompet Dhuafa. Namanya Kampung Ternak. Cukup bayar seharga kambing yg mau dipotong, trus ga berapa lama dapet bukti acara akikahannya, yg kebetulan waktu itu diadain di daerah bencana gempa Jogja.
Nah tau hadisnya kalo org yg belum akikah itu masih "tergadaikan" dan harus "ditebus", saya maksa Mas Anto buat buruan akikah begitu tau Mas Anto jg belum di-akikah (pasti krn alesan yg sama). Nah, menurut hadisnya siy akikah ini jadi kewajiban orang tua dan dilaksanakan pada hari ke 7, 14, 21 atau sebelum mencapai baligh. Gimana kl udah kelewatan balighnya gini? Ternyata akikah BUKAN menjadi sunnah orang tua lagi, tetapi udah jadi SUNNAH buat ybs. Makanya, saya dan Mas Anto cukup minta izin sama Ibu aja dan langsung meluncur ke kantor Dompet Dhafa di Republika, yang alhamdulillah deket bgt sama rumah saya. Ternyata oh ternyata...Kampung Ternak itu udah ga ngadain program ini lagi, tp ga perlu kuatir Dompet Dhafa punya program yg sama lewat DDLivestock. Nama programnya "Akikah Kita".
Di DDLivestock ini ada 3 macam program akikah:
  1. Paket Peduli
  2. Paket Mandiri
  3. Paket Nazar, shodaqoh dan Tasyakuran

Untuk program Paket Mandiri, DDLivestock cuman jual, motong dan masak si kambing, trus urusan bagi membagi jadi urusan qt. Kalo yang Paket Peduli, semuanya diurusin sama DDLivestock, termasuk pembagiannya. Biasanya pembagian dilakukan di daerah bencana, daerah terpencil, panti asuhan atau pesantren di daerah2. Saking ga mau repotnya, Mas Anto milih Paket Peduli aja, toh dia yg lebih tau lingkungan yg membutuhkan. Buat ikutan Paket Peduli ini, qt cukup bayar buat beli kambingnya aja koq yg harga per ekornya dipatok IDR 1.500.000. Nah, krn buat Mas Anto harus motong 2 kambing, ya bisa diitung lah ya biaya akikahan ini. Alhamdulillah ada rejeki, sunnahnya langsung dijalanin deh.

Kami dtg ke kantor DDlivestock di lantai bawah gedung Republika (ga masuk dalemnya lho ya...ke arah mesjid/ mushola, turun ke bawah). Disana kami dilayanin mba2 cantik yg (sdh diduga) kaget begitu tau yg mau di-akikah itu Mas Anto sendiri, laki2 berjenggot yg pasti umurnya bukan 21 hari atau blm baligh, hahaha. Tp tuh mba2 cuman bisa senyum2 doang:-) *kami tau apa yg ada dalam pikiranmu, Mba*. Isi formulir data diri, trus dikasih kuitansi bukti pembayaran deh.

2 hari abis bayar, Mas Anto di telp sama org DDLivestocknya nanyain mau dibagi dimana kambing akikahnya? Mas Anto jawab terserah DDLivestock nya, dimana yg membutuhkan aja. Kira2 seminggu abis di telpon itu, dateng amplop laporan ke rumah. Nah, laporan ini cukup lengkap, di dalemnya ada ucapan terima kasih, foto2 pelaksanaan penyembelihan, foto2 syukuran/ doa pengajiannya, foto kambing2 yg jadi "kurban", dan yg bikin surprise adalah Surat Keterangan Akikah yang bentuknya kaya sertifikat ijazah!!! Hahah...kaya lulus sekolah aja^_^. Malu deh, masa di foto pengajiannya, ada kaya banner dgn tulisan nama lengkap Mas Anto : Agustiyan Eko Setyanto, SH. Dikambingnya juga... hahah, masa baru mau diakikah, udah ada gelar nya:-p Tp ya sudahlah, sekali lagi lebih baik TERLAMBAT daripada TIDAK sama sekali.

Akikah Mas Anto ini dilaksanain di Ponpes Wirausaha Agrobisnis Abdurahman bin Auf Tukungkates, Desa Bulan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten - Jawa Tengah. Hhmm..kebetulan lagi di daerah asal saya. Dulu saya di Jogja, sekarang di Klaten:-p
Kalo ada yg butuh informasi atau mau ke DDLivestock ini, alamat kantornya di Perkantoran Ciputat Indah Permai E1, Jl Ir. H. Juanda No 50, Ciputat (telp. 7425835/ 08561430305). Tapi kl itu kejauhan, bisa juga ke tempat yg kami datengin kemaren. Di Gedung Republika, seberang Pejaten Village.
Rasulullah SAW bersabda:
"Setiap anak itu digadaikan dengan akikahnya. Disembelihkan binatang baginya pada hari ketujuh dari kelahirannya, diberi nama dan dicukur kepalanya pada hari itu."
(Ahshabu's - Sunan dari Samirah)
Seorang anak yang telah berakikah, dia akan diberikan hak syafaat oleh Allah untuk memohonkan ampunan bagi kedua orangtuanya.

2 comments:

  1. Iyaa suami pun baru akikah umur mau 30. Gpp no'. Emang wajib klo dulu belum di akikahin sama ortu kita...scara zaman dulu qta ngerti banget ya.
    Wah bagus banget yaa DDlivestock. Trima jadi yah? TFS ya no :)

    ReplyDelete
  2. wah baru akikah...tapi tidak apa2 deh...
    selamat yah untuk akikahny...
    untung saja orang tua masih ingat kaau beum akikah...

    ReplyDelete