From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

May 20, 2010

Tentang Hasil Lab Saya...

*hosh* Maapkan, baru sempet posting soal ini. Inipun saya "paksa"kan diri untuk posting karena Jeng Olive nanya gimana hasilnya. Yup! Saya males nulisnya karena emang *seperti yang udah saya siapkan*, hasilnya ga begitu bagus, Hikksss...:-( Tapi saya udah pasrah dari awalnya...saya udah ga begitu shock lagi...cuman sedikit "capek" aja...mau semuanya segera beres. Tp saya tau, saya ga boleh begitu...apa yang saya alami ini *mungkin* masih belum ada apa2 nya sama apa yang dialamin org lain.
Jadi, intinya siy hormon saya ini ternyata kurang seimbang. Hormon prolaktin (yang biasanya berguna buat hormon menyusui) itu terlalu tinggi. Nah, kalo hormon ini ketinggian kadarnya, bisa menghambat pematangan sel telur. Ternyata itu tuh yang buat ga bisa terjadi pembuahan. Lha wong sel telurnya ga mateng, jadi spermanya cuman mondar-mandir bolak balik aja ga nemu "pasangan" yang cocok buat dikawinin. Oooups! maap, bahasanya vulgar, hehehe....Selain itu hasil tes CA 125 saya menunjukkan angka 36.8 dari batas normal <=35. Tes CA 125 ini untuk mendeteksi ada tidaknya tumor dalam ovarium saya. Sooo...udah ketebak kan apa maksudnya hasil itu?? :-(
Trus-trus gimana dunk?!Singkat kata, Dokter Joko menjelaskan bahwa penyembuhan yang ideal adalah melalui pengangkatan (untuk mengambil kista yang sudah ada, biar ga berkembang makin lama menjadi tumor), dan diikuti dengan terapi hormon (untuk menyeimbangkan hormon sehingga bibit-bibit kista nya musnah!). Hmmmm...tp entah kenapa saya blm rela buat di operasi. Bukan apa2...saya cuman ga yakin aja ini satu2 nya cara buat nyembuhin penyakit saya ini. Saya hanya mencoba "buying time" buat nyari 2nd opinion ke dokter lain. Biar tuh dokter ga curiga, saya bilang aja saya takut dioperasi, makanya mau mikir2 dulu. Tapi dari lubuk hati paling dalem siy saya udah niat banget buat nyari 2nd opinion.
Karena saya menolak dioperasi dan tetep kekeh sama dokternya biar bisa hamil, akhirnya untuk sementara Dokter Joko ngasih saya obat namanya "Femara". Obat ini berfungsi membantu pematangan ovum sekaligus mencegah pembesaran kista (krn kebanyakan obat pematang ovulasi itu justru akan mengakibatkan pembesaran kista yang akibatnya bisa sangat berbahaya). Si Femara ini harus diminum pada saat hari ke-2 mens selama 5 hari berturut-turut. Hmmm...untung saya masih punya waktu kurang lebih 2 minggu buat mikir n nyari dokter lain buat 2nd opinion, sebelum minum obat itu...cos takutnya nanti kalau minum obat itu trus beneran hamil (*amin*) dan ternyata malah berbahaya menyebabkan kistanya tambah gede:-( Sooo..mau nanya sekalian apakah obat ini (beneran) aman untuk diminum...dan apakah kehamilan dengan kista yang belum diangkat (kalo beneran tok cer obatnya kan berarti beneran hamil) ga akan berbahaya buat saya dan janin saya. Saya ga mau coba2..saya ga mau ambil resiko...walaupun banyak yang berhasil juga hamil dengan kista di dalam rahim, tapi tetep aja (*menurut Dr. Joko*) ada kemungkinan sekitar 20% berbahaya, kistanya membesar dan pecah. *amit-amit...knock wood down!* Kalo udah gitu kan berarti janin dan kistanya kudu beneran diambil...dan gawatnya lagi, kalo pecahnya udah paah, bisa2 indung telurnya ikut diangkat!!! Wooowww...kalo gitu kan berarti saya ga bisa menghasilkan ovum, dunk?! :-(
Makanya, saya ga mau maksain minum obat itu dulu...ga mau maksain hamil dulu, sebelum semuanya clear kalo hamil dengan kista itu aman.
Singkat kata sampe rumah saya berkonsultasi sama kakak dan kakak ipar yang kebetulan dokter. Apalagi kakak ipar saya praktik di RS Bunda dan RS SamMarie (RS khusus fertilisasi), jadi saya nanya...lebih baik saya ini nyari 2nd opinion ke dokter ahli hormon atau ke dokter kandungan lagi. Nah, dari ngobrol sana-sini mereka menyarankan saya berkonsultasi dengan dokter kandungan yang ahli hormon, biar bisa dituntaskan tuh urusan ketidakseimbangan hormonnya, biar ga cuman main angkat kista ajah. Akhirnya rekomendasi jatuh pada Prof. Dr. dr. TZ. Jacoeb di RS SamMarie, Wijaya. Prof. Jacoeb itu dosen kakak-kakak saya di UI, dan beliau itu udah sangat senior (pendiri RS SamMarie), dan pastinya sabar banget ngadepin konsultasi para pasutri yang dateng kesana. Dan, Prof. Jacoeb ini katanya jg religius. Selain upaya medis, pasutri yang menginginkan kehadiran buah hati tetep *sangat* dianjurkan untuk berdoa...bahkan Beliau punya lho surah2 Alquran yang *utamanya* buat memohon kehadiran anak. Kalau mau ke Prof Jaceb ini kita harus daftar jauh2 hari, cos Beliau cuman praktik hari Senin dan Jumat dari jam 3 sore sampe jam 9 malem. Beliau juga ga mau terima pasien lebih dari 45 orang. Jadi kemaren waktu kakak ipar saya kebetulan jaga disana, dia udah daftarin saya, dan saya dapet nomor 52 (*oow..oww, berarti ga kebagian dunk*), tapi ternyata belum tentu alias masih ada harapan...cos sistemnya disana, pada hari H pasien disuruh daftar ulang dgn ngambil nomor lagi. Kakak ipar saya pesen supaya saya elp RS nya jam 7 pagi Jumat besok, biar bisa dapet giliran. Jadi...doakan saya semoga besok pagi saya gampang telp ke RS nya dan dapet giliran ke Prof Jacoeb (*ga nomor 52 lagi*).
Entahlah hasilnya apa..semoga aja Prof Jacoeb ini ga menyarankan saya buat operasi. Semoga ada jalan lain yang bisa diambil...dan yang terpenting semoga melalui Prof Jacoeb ini Allah mempercayakan "anugerah terindah" itu pada kami...Amin:-)
Bismillahirrahmanirrohiim.....ridhoilah usaha dan ikhtiar kami Ya Rob. ^_^

4 comments:

  1. sabar ya no...
    Tuhan tidak memberi cobaan di luar batas kemampuan umatNya.
    loe dikasih ini semua karena Tuhan tahu loe lebih kuat dari kita-kita ini.

    bukannya sok tua *ahemm* tapi terkadang dgn adanya masalah, kita justru semakin dekat sama Yang Di Atas.

    dan juga jadikan masalah ini sebagai ajang untuk memperkuat ikatan suami-istri kalian.

    jaani aja satu persatu,
    diskusikan berdua,
    cari yang terbaik.

    sekali lagi jgn termakan komentar orang.
    memang banyak yg bisa hamil dgn kista, tp sekali lagi jenis kista tiap orang itu beda-beda no...

    mending educate ourself dan putuskan yang terbaik.
    yang tau kondisi tubuh kita ya kita sendiri.

    my heart belong to you dear...
    anytime kl mau ngobrol gw slalu onlen di YM koq :)

    *pelukkkk retnoo*

    ReplyDelete
  2. jeng retno... *peluk*
    sabar ya sayang... :-*
    Allah tau yang terbaik buat kita kok *hughug*

    ReplyDelete
  3. @ Tya: Iyah Ty...dirikyu sudah menguatkan hati kk say. Bismillahirrohmanirohiim...matasii yah Ty:-) Ntar kalo gw buzz di YM buruan dijawab yah, hehehe... *hug*

    @ Olive: Matasi Buw...yup! Harus kuat..harus sabar..harus ikhlas:-) *mau + thinkin' kaya Olive* ^_^

    ReplyDelete
  4. Nochuuuuuuuu! aku berkaca2 membacanya...tapi pastinya didoain terus supaya semuanya baik2 aja...aminnnnnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete