From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

February 3, 2010

Rapor Merah untuk Hasil General Medical Check-up

Gw mau melanjutkan postingan beberapa waktu yang lalu...itu tuh yang topiknya tentang medical check-up, karena hasil lengkap medical check-up gw untuk tahun ini sudah keluar. Berikut ini hasil kesimpulannya (ini gw copy paste dari hasil medical check-up nya dan gak perlu gw tulis lengkap ya) :
Kesimpulan :
  1. Hasil USG menunjukkan fatty liver.
  2. Gangguan restriksi ringan.
  3. Skoliosis thorakalis.
  4. Serumen ADS. Pendengaran lateralisasi ke kanan.
  5. Gemuk (Obese).
  6. Kadar kolesterol LDL tinggi.
  7. Belum pernah terpapar dan belum memiliki kekebalan terhadap virus hepatitis B.
Saran :
Konsultasi ke dokter spesialis Penyakit Dalam untuk menindaklanjuti hasil USG yaitu fatty liver.
Penanganan gangguan restriksi ringan dapat dilakukan dengan berolah raga teratur (seperti lari dan berenang) minimal 3x/minggu dengan durasi lebih dari 30 menit. Diperlukan evaluasi ulang 1 tahun lagi.
Mengontrol pemeriksaan rontgen setiap tahun untuk mengevaluasi ulang derajat skoliosis.
Membersihkan telinga secara teratur 2 minggu sekali dengan menggunakan kapas dan air hangat. Disarankan melakukan pemeriksaan audiometri.
Kadar kolesterol yang tinggi erat kaitannya dengan aterosklerosis dan gangguan kardiovaskular sehingga meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Menurunkan kadar kolesterol diketahui dapat menurunkan risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) dan memperlambat progresi lesi aterosklerosis. Kadar kolesterol yang tinggi dapat diturunkan melalui perilaku hidup sehat antara lain :
1. Pola makan yang sehat dan seimbang : a. memperbanyak konsumsi sayuran, buah segar dan serat. b. mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, makan tinggi lemak jenuh, butter, makanan bersantan, dan daging yang berwarna merah. c. Kurangi makanan yang digoreng.
2. Melakukan kegiatan fisik yang sesuai dengan umur dan kemampuan.
3. Mencapai berat badan ideal sesuai dengan umur dan tinggi bandan. Kurangi kebiasaan hidup yang kurang gerak dan bermalas-malasan. Berolah raga yang cukup (2-3 kali per minggu selama minimal 30 menit sampai 45 menit).
Konsultasi ke ahli gizi untuk menurunkan berat badan, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida.
Lakukan vaksinasi hepatitis B.
Kesiapan Kerja : Sehat untuk bekerja dengan catatan.
Ya demikianlah hasil nya, tinggal gw melaksanakan sarannya pak dokter (dengan penuh tanggung jawab) hehehe.

2 comments:

  1. Oalahhh Cel...baru kuw tahu, kenapa kamu suka "mendadak" rajin lari pagi-pagi, minta dibersiin kupingnya pake candle-ear treatment n minta makan nasinya dikit aja!

    Hoho...bagus siy (artinya kamu commit sama hasil MCU), tapi kok yang "mengurangi makan daging merah, santan dan gorengan" ga di disclose ke aku? hihihi...ketawan niy...mau tetap melestarikan kebiasaan makan makanan itu! Mulai sekarang...: no rendang, no nasi padang, no steak, dan no gorengan!!! ^_^

    ReplyDelete
  2. berarti ga boleh makan junk food juga dong? hihihi....sabar ya mas....semoga sukses program diet dan olahraganya....

    ReplyDelete