From this Moment...

Daisypath Anniversary tickers

December 19, 2010

Memperpanjang STNK

Yaaiiiyyy...thanks to Pak Polisi yg udah ngadain layanan STNK dan SIM keliling. Jadi masyarakat ga perlu rempong dateng ke kantor polisi kl mau perpanjangan STNK atau SIM. Dooh, kl jaman dulu kan musti ke Kali Deres aja gitu buat memperpanjang STNK atau SIM. Ke laut aja deh! Alhamdulillah skrg masyarakat udah dibuat gampang kl mau "niat baik" buat ngurusin STNK sama SIM.

Cuman mau sharing aja. Kebetulan STNK si Farhan (*panggilan kesayangan mobil kami*) habis masa berlakunya tgl 18 Desember. Makanya minggu lalu Mas Anto sempet-sempetin buat memperpanjang tuh STNK sekaligus bayar pajak dunk *hari gini ga bayar pajak?! Apa kata dunia?!* hahaha... Tanya punya tanya akhirnya Mas Anto nyoba memperpanjang STNK di layanan keliling itu. *bukan cuman tukang permak Levis aja yang bisa keliling*

Layanan STNK dan SIM keliling ini ada di setiap wilayah di Jakarta dan beroperasi dari hari Senin - Sabtu. Untuk hari Senin-Jumat buka mulai jam 8 pagi sampe jam 4 sore, tapi buat hari Sabtu cuman 1/2 hari sampe jam 12 siang ajah. Untuk lokasinya sendiri pindah-pindah. FYI, Pengurusan STNK dan SIM ini harus di wilayah STNK (or KTP). Jadi krn kami tinggal di Jakarta Selatan, maka ngurusnya ya di Jakarta Selatan. Untuk wilayah Jakarta Selatan, STNK dan SIM keliling ini berpindah-pindah di 3 lokasi ini:

  • Ragunan
  • Kalibata
  • Stasiun Tanjung Barat

Buat tau lokasi pastinya pada hari H (pas mau kita urus perpanjangan STNK atau SIM), kita harus nanya dulu ke Polda. Cara nanya nya siy bisa lewat twitter @TMCPoldaMetro. Lokasi STNK dan SIM keliling biasanya di tweet tiap jam 8 pagi.

Pas kemaren, kebetulan Mas Anto datengnya di Stasiun Tanjung Barat. Mayan, deket dari rumah:-)

Apa aja yg musti dibawa waktu ngurus perpanjangan STNK ini??

  • Fotocopy dan asli STNK
  • Fotocopy BPKB halaman depan
  • BPKB asli buat ditunjukin doang
  • Fotocopy dan asli KTP si empunya mobil (sesuai STNK)
  • Fotocopy dan asli KTP org yang ngurus (kl diurus sendiri ya ga perlu).

Ow yaaah, supaya ga lama prosesnya, semua dokumen yg perlu difotocopy mending di fotocopy dari rumah yah..soalnya kata Mas Anto antri boowk loket fotocopy nya. Untung semua sudah kami prepare dari rumah. Udah di fotocopy semuanyah! Jadilah mayan menghemat waktu n Mas Anto ga perlu kelamaan berpanas2 an. Bayangin aja, antrian tanpa fotocopy aja udah panjang bak ular kobra, apalagi kl kudu fotocopy dulu. Bisa meleleh bedak di muka (*ooups!! kamu ga pake bedak, kan Mas?!*) :-p Mas Anto kemaren ngurus tanpa foto copy siy kurang lebih 45 menit. Ya ampyyyuuun...lama juga yah! *joged2, untung ga ikut*.

Gimana caranya?

  • Simple kaya ngantri dokter aja deh. Dateng trus nyamperin bapak-bapak polisi di samping mobil nya trus kita dikasi formulir yg musti diisi sama data2 mobil dan STNK nya (i.e jenis mobil, warna mobil, pemilik, dll).
  • Udah selesei ngisi2 formulir, mulai antri deh di loket pendaftaran. Nah, di loket ini siap2 ditanyain yah hubungan antara pihak yang ngurus sama nama di STNK. Kaya Mas Anto jg.. Kebetulan kan STNK mobil atas nama saya, jadi ditanya hubungan Mas Anto sama saya. *untung jawabnya bener..suami, bukan selingkuhan!* huehehe..
  • Bis semua berkas dikasi di loket pendaftaran, melipir deh nunggu di samping buat dipanggil.
  • Begitu dipanggil, ngantri lagi di loket sebelah buat bayar. Besarnya biaya yg harus dibayar ini sebesar pajak yg musti dibayar koq. jangan kuatir, no additional charges atau pungli ini itu koq. *acung jempol buat Pak Polisi*. ^_^.
  • Udah selesei bayar, melipir lagi buat nunggu dipanggil (again?!). *usap jidat kepanasan keringetan, minum teh botol So*ro enak niy*.
  • Perjuangan mulai menampakkan hasil begitu dipanggil lagi buat ambil STNK nya. Horeee...berhasil, berhasil!!! *gaya Dora*.

Begitulah perjuangan Mas Anto di Sabtu pagi minggu lalu. *mmuaaahhh...luph u*.

Oww yah, karena disana ga ada kursi, ga ada atepnya (cuman ada tenda kecil), siap2 payung dan tisu yah.., jd ga lumer kepanasan atau ga kebasahan kl ujan ^_^.

2 comments:

  1. Wah, postingan ini bermanfaat banget, nih. Saya tinggal di luar Jakarta sih, tapi mungkin kurang-lebihnya sama kali, ya?

    Pas banget, STNK motor masih 2 tahun lagi sih masa berlakunya, tapi pajaknya itu... gak nahan, udah lama banget belom dibayar-bayar *nutup muka, nahan malu* :D

    Thanks for the info, ya. And btw, koq bisa nama mobilnya Farhan? Hehe ;)

    ReplyDelete
  2. @ Mba Diar: Iya Mba..mayan membantu lho pengurusan keliling ini. Semoga di kota Mba Diar udah ada jg yah... Ow yah, layanan ini memang hanya bisa buat perpanjangan yg per tahun untuk pajak itu, ga bisa yang perpanjangan 5 tahunan. Tp tetep...lumayan:-)

    ReplyDelete